Featured Post

Berterima Kasih Atas Segala Hal

Seorang anak kecil usia 4 tahun diminta untuk berterima kasih saat doa sebelum makan malam Natal. Para anggota keluarga menundukkan kepala...

Sang Menteri dan 10 Anjing Raja

Alkisah ada seorang raja yang  memiliki 10 anjing ganas untuk menghukum siapa pun yang bersalah. Jika Sang Raja marah maka orang yang salah akan dilempar ke kandang agar dicabik oleh anjing-anjing ganas tersebut.

Suatu hari seorang menteri membuat keputusan salah. Raja pun murka, maka diperintahkanlah agar sang menteri dimasukkan ke kandang anjing ganas tersebut.

Menteri berusaha minta maaf pada raja: "Paduka, saya telah mengabdi padamu selama 10 tahun, akankah Paduka tega menghukumku seperti itu. Atas pengabdianku selama ini saya hanya minta waktu penundaan hukuman 10 hari saja".

Sang Raja pun mengabulkannya. 

Sang Menteri bergegas menuju kandang anjing-anjing tersebut lalu meminta izin kepada penjaga untuk menggantikannya mengurus anjing-anjing dan memberinya makan selama 10 hari.

"Untuk apa?" tanya pemjaga

Maka dijawab oleh menteri: "Setelah 10 hari nanti engkau akan tahu''.

Sejak itulah sang menteri memelihara, mendekati, memberi makan bahkan akhirnya bisa memandikan anjing-anjing tersebut selama 10 hari hingga menjadi sangat jinak kepadanya. 

Tibalah waktu eksekusi, disaksikan raja dimasukkanlah sang menteri ke kandang anjing, tetapi raja kaget saat melihat anjing-anjing itu justru jinak padanya.

Maka dia bertanya apa yang telah dilakukan menteri pada anjing-anjing tersebut?

Jawab menteri: "Saya telah mengabdi pada anjing-anjing ini selama 10 hari, dan mereka tidak melupakan jasaku.

Terharulah raja, meleleh air matanya lalu dibebaskanlah sang menteri dari hukuman dan dimaafkan.

No comments:

Post a Comment